RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 2X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 9.1 Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan daerah setempat
- Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat.
3. Membuat gambar contoh karya seni rupa terapan daerah setempat
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK
- Karya seni rupa terapan daerah setempat
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
- Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Penugasan individu/ kelompok | Tugas rumah |
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 4X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
- Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK
sikap apresiatif terhadap keunikan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Penugasan individu/ kelompok | Tugas Proyek |
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi.
- Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
- Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
- Membuat Bentuk-bentukTopeng
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
- Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes praktik/ kinerja | Uji Petik Kerja |
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan teknik dan
corak daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan konsep keramik
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
- Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
- Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
- Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
- Merancang keramik benda pakai.
- Merancang keramik benda hias.
9. Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK
- Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
- Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes praktik/ kinerja | Uji Petik Kerja |
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Gagasan | |||||
Kreativitas | |||||
Teknik / bentuk | |||||
Karakteristik |
Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk
pameran kelas atau sekolah
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
- Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
- Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK :
perlengkapan, dan perencanaan.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
materi yang akan diajarkan
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR :
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Penugasan individu/ kelompok | Tugas rumah |
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Sistematika proposal | |||||
Kepanitiaan pameran | |||||
Kesesuaian anggaran dan belanja | |||||
Kreativitas acara pameran |
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : SMP Negeri 1 Kedungreja
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam
Bentuk pameran kelas atau sekolah
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK :
- Denah ruang pameran seni rupa
- Penataan karya seni rupa di kelas.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. SUMBER BELAJAR :
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes praktik/ kinerja | Uji Petik Kerja |
Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Denah ruang pameran | |||||
Penataan karya | |||||
Kelengkapan pameran | |||||
Tanggapan pengunjung |
Keterangan
1 = sangat kurang. 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungreja
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 2 (genap)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah.
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas
Model pendekatan Ctl dan life skill
Peretmuan pertama dan kedua.
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes Tertulis | Tes uraian |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 2 | 2 | ||
2 | 2 | 2 | ||
3 | 2 | 2 | ||
4 | 2 | 2 | ||
5 | 2 | 2 | ||
10 | 10 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungreja
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi | : | 1.1 Mengekspresikan karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. |
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu “Karatagan Pahlawan”.
Model pendekatan CTl dan Lifeskill
1. Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes Tertulis | Tes uraian |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 20 | 20 | ||
2 | 20 | 20 | ||
3 | 20 | 20 | ||
4 | 30 | 30 | ||
5 | 10 | 10 | ||
100 | 100 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungreja
Kelas : VII / 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi | : | 1.1 Mengapresiasi karya seni musik |
Kompetensi dasar | : | 1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. |
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat.
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
Struktur Formal Musik Daerah
Model pendekatanCTL dan Life skill
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes Tertulis | Tes uraian |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 10 | 10 | ||
2 | 20 | 20 | ||
3 | 20 | 20 | ||
4 | 20 | 20 | ||
5 | 30 | 30 | ||
100 | 100 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungreja
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3X Pertemuan )
Standar kompetensi | : | 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 12.1 Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat. |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Berkarya Musik daerah
C. Metode Pembelajaran
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga.
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
E. Sumber Belajar
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes praktik/ kinerja | Tes Uji Petik Kerja |
Format Penilaian
No | Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Ketrampilan bermain musik | |||||
2 | Kekompakan kelompok | |||||
3 | Harmoni | |||||
4 | Kreativitas | |||||
5 | Penampilan | |||||
Jumlah |
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungreja
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi | : | 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik |
Kompetensi dasar | : | 12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok di kelas. |
Indikator | : |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
a. Berkarya Musik Daerah
b. Pergelaran Kelas
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.
Pertemuan pertama dan kedua.
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes praktik/ kinerja | Tes Uji Petik Kerja |
Format Penilaian
No | Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Intonasi lagu | |||||
2 | Artikulasi | |||||
3 | Ketepatan ketukan | |||||
4 | Harmonis | |||||
Jumlah |
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMPN 1 Kedungreja ( WIJIYANTO,S.Pd,MM.Pd. ) NIP : 19601014 198403 1 005 | Kedungreja, Januari 2011 Guru Mapel SBK. ………………………… NIP : ………………. |